Resep Gudeg Gurih Nusantara

Diposting oleh Resep Kuliner Indonesia on Rabu, 06 Juni 2012

Gudeg Gurih dari daerah Yogyakarta, Jawa Tengah


Gudeg merupakan Resep Nusantara yang khas dari kota Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah. Resep Gudeg Gurih Nusantara, makanan yang terkenal akan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu berjam-jam ini memiliki banyak penggemar yang tidak hanya berasal dari kawasan Jawa Tengah saja, tetapi juga seluruh daerah Indonesia. Dengan buah nangka muda yang merupakan ciri khas yang ada dalam Gudeg Gurih Nusantara dan rasa bumbu-bumbunya yang sedap, membuat Gudeg Gurih Nusantara semakin mantap untuk disantap.


Bahan Membuat Gudeg:


  • Satu (1) kerat lengkuas, memarkan
  • Satu (1) kilogram buah nangka muda, dipotong kecil-kecil
  • Dua (2) lembar daun salam


Bumbu Halus Gudeg:


  • Setengah (1/2) sendok teh ketumbar
  • Tiga (3) siung bawang putih
  • Empat (4) buah kemiri
  • Sepuluh (10) butir bawang merah
  • Dua ratus lima puluh (250) gr gula merah
  • Garam dapur secukupnya

Ingat haluskan bahan-bahan di atas.


Cara Membuat Gudeg:


  1. Pertama-tama, masukkan buah nangka muda bersama bumbu-bumbu halus dan air secukupnya di dalam kuali dan rebuslah hingga buah nangka berwarna merah dan empuk. Angkat.
  2. Diamkan Gudeg dimasak selama lebih kurang satu (1) malam di dalam kuali.
  3. Hidangkan Gudeg dengan dituangi areh di bagian atasnya.


Tips dan Trik:


  1. Tutup kuali dan jangan terlalu sering mengaduknya agar Gudeg tidak mudah hancur. Tetapi, dengan cara seperti ini akan membuat bagian bawah dari Gudeg menjadi hangus/gosong. Solusinya, beri alas bagian dasar kuali atau panci dengan daun pisang atau daun jati sebelum memasukkan seluruh bahan-bahan Gudeg.
  2. Hidangkan bersama dengan nasi hangat dan lauk-pauk yang lainnya agar Gudeg seperti telur rebus dan tempe semakin nikmat dan bervariasi.

Dalam mengolah Resep Gudeg Gurih Nusantara ini, meski bumbu-bumbunya sederhana, tetapi Anda harus bersabar dalam menunggu Gudeg telah matang dengan sempurna. Anda akan mencicipi hasil olahan khas Jawa Tengah yang nikmat. Hidangkan bersama dengan keluarga dan orang-orang tecinta Anda. Kreasikan hidangan dan resep sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Selamat menikmati hidangan yang khas dari Resep Gudeg Gurih Nusantara yang lezat ini!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.